Sabtu, 18 Februari 2012

7 Penemuan Hebat Untuk Menangkal Global Warming

1. RUMAH MENGAPUNG
Pemanasan global tidak hanya meningkatkan suhu global tetapi juga telah mengambil daerah pesisir. Masalah banjir dan kekurangan perumahan secara bersamaan telah menyebabkan pembangunan rumah terapung yang unik. Rumah seperti ini pertama kali diciptakan oleh perusahaan Dura Vermeer dan dipasang di pantai Maasbommel kota di Tahun 2007. Mereka terdiri dari kubus berongga yang memberikan mereka upthrust dan memungkinkan mereka untuk mengapung di air. Rumah-rumah Terapung ini bisa menahan kenaikan air hingga lima meter di permukaan air laut.
http://www.instablogsimages.com/1/2011/09/15/floating_house_rsp6i.jpg
2. Gletser Buatan
Negara-negara berkembang yang berbasis Pertanian seperti India sepenuhnya tergantung pada hujan dan sungai. Sungai-sungai di India, Peru, Chili dll dan banyak Negara tergantung yang tergantug dari mencairnya gletser adalah masalah besar bagi mereka. Untuk mengatasi masalah ini peneliti bernama Chewang Norphel menciptakan sebuah gletser buatan. Gletser-gletser buatan ini menyediakan air bersih di musim panas. Gletser diciptakan dengan mengumpulkan air ke kolam dangkal diblokir dengan tanggul berbatu. Air di kolam dibekukan dengan menurunkan suhu sehingga membentuk lembaran es. Ketika musim panas datang air ini mencair dan digunakan untuk menanam tanaman.
http://www.instablogsimages.com/1/2011/09/15/artificial_glacier_aavdu.jpg
3. Tanaman Tahan Panas dan Kekeringan
Tidak sulit bagi manusia untuk bertahan hidup di hawa panas terik, tetapi tidak mungkin untuk tanaman untuk tetap hidup dalam kondisi seperti itu. Peneliti menggunakan metode pemuliaan tanaman selektif agar tanaman bisa beradaptasi dengan kondisi iklim ekstrim. Perilaku dan karakteristik tumbuhan yang tahan kekeringan dipelajari dengan seksama dan fitur mereka ditambahkan ke tanaman dengan rekayasa genetika. Para peneliti telah bereksperimen dengan lobak dan jagung, dan menghasilkan tanaman yang  toleransi terhadap iklik panas terik 40 persen lebih baik daripada varietas konvensional. Demikian pula tes yang dilakukan pada gandum di Mesir yang diklaim menggunakan seperdelapan dari air yang digunakan oleh tanaman gandum konvensional.
http://www.instablogsimages.com/1/2011/09/15/drough_and_heat_resistant_crops_lt76h.jpg
4. Pembangkit Listrik Gedung Pencakar Langit
Sebuah bangunan yang unik telah dirancang oleh arsitek David Fisher di Dubai, di mana setiap lantai dapat berputar pada sumbu sentral independen dari lantai gedung. Bentuk bangunan ini terus-menerus berubah dengan rotasi lantai nya. Bangunan ramah lingkungan ini dilengkapi dengan turbin angin di antara setiap lantai yang dapat menghasilkan sejumlah energi. Setelah merancang bangunan hijau untuk Dubai, Fisher merancang menara yang sama untuk London, New York dan Moskow.
http://www.instablogsimages.com/1/2011/09/15/rotating_building_kigop.jpg
5. Pertanian Bertingkat
Memproduksi tanaman menggunakan teknik yang efisien akan mengurangi air yang terbuang dan sumber daya lain yang digunakan untuk pertanian. Dickson Despommier di Columbia University, New York menyatakan bahwa 80 persen dari lahan yang tersedia untuk pertanian akan terpakai hingga tahun 2050 nanti. kita harus memproduksi tanaman di peternakan di Gedung-gedung Pencakar Langit. Sistem tenaga Matahari akan digunakan untuk menumbuhkan tanaman. Tanaman akan aman dari banjir serta kekeringan dan jumlah yang diperlukan irigasi dapat diberikan.
http://www.instablogsimages.com/1/2011/09/15/vertical_farms_m8rai.jpg
6. AC Bertenaga Matahari
Kenaikan suhu yang tinggi di Australia telah membuat musim panas sangat panas dan tak tertahankan. Itu menyebabkan munculnya permintaan besar terhadap peralatan pendingin udara di California. Mike Dennis, seorang insinyur di Universitas Nasional Australia telah menemukan sebuah konsep penyejuk udara ramah lingkungan yang bekerja dengan energi surya. Desain ini sangat efisien dan memberikan efek pendinginan maksimum ketika Matahari berada pada puncaknya. Alat Ini juga menyediakan air panas yang dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga lainnya.
http://www.instablogsimages.com/images/2010/02/25/hybrid-solar-powered-air-conditioner_UTPh7_24702.jpg
7. Kota Mengambang
Kota-kota seperti Sydney, New York, London, Jakarta mungkin harus berinvestasi besar pada pertahanan banjir dan suatu saat nanti akan diperlukan adanya kota-kota yang mengambang. Konsep inovatif dan cerdik telah diciptakan oleh arsitek Belgia Vincent Callebaut dan diyakini menjadi solusi jangka panjang .Kota laut ini dapat menampung sebanyak 50.000 pengungsi dan bisa menghasilkan listrik dengan menggunakan berbagai sumber terbarukan termasuk angin, gelombang dan panas matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar