Rabu, 15 Februari 2012

Manfaat madu untuk kecantikan

Manfaat madu untuk kecantikan – “Jika ingin awet muda, tetap segar dan bugar walau sudah berusia tua, minumlah selalu madu secara rutin.” – Ibnu Sina, filsuf dan pelopor kedokteran modern. Nasihat Ibnu Sina tersebut, meski bicara tentang kesehatan juga menyiratkan manfaat madu untuk kecantikan. Madu adalah obat untuk mempercantik diri yang alami. Itulah sebabnya sejak lama madu digunakan untuk perawatan kecantikan wajah, kulit dan rambut.

- Masker pengencang

Campurkan 1 sdm madu, 1 putih telur, sdt gliserin (tersedia diapotek dan toko kosmetik), hingga menjadi semacam pasta. Oleskan perlahan pada wajah dan leher. Biarkan selama 10 menit, lelu basuh dengan air hangat.

- Masker Pelembap wajah

Campur 2 sdt madu dengan sdt susu bubuk. Oleskan merata pada wajah dan leher. Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

- Masker penghilang jerawat

Campurkan madu dan oatmeal dengan perbandingan yang sama, ratakan dan gunakan sebagai masker. Biarkan setengah jam kemudian cuci, masker ini adalah penghilang jerawat. Selain itu ada juga dengan oleskan 1 sdm madu dan 1 sdt bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Keesokan harinya basuh dengan air hangat apabila dilakukan rutin setiap hari selama 2 minggi akan menyembuhkan jerawat sampai ke akar-akarnya.

- Masker kulit kering dan kusam

Campurkan 1 kuning telur, 2 sdt madu, dan segenggam oatmeal hingga terbentuk adonan kental. Tekan-tekan adonan ini pada wajah dan leher dengan lembut. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Campuran ini cocok untuk kulit kering dan kusam.

- Masker kulit berminyak

Campurkan 1 sdm air lemon atau jeruk nipis, 1 sdt madu, dan 2 putih telur. Setelah campuran menyatu oleskan pada seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit agar bahan-bahan tadi bekerja dan bereaksi mambersihkan dan melembutkan kulit anda. Kemudian, bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk dengan handuk bersih hingga kering.

- Masker pepaya madu

Masker ini untuk kulit berminyak juga. Bahan 1/3 cangkir cokelat bubuk, 3 sdm krim, 1/3 cangkir pepaya masak, 1/4 cangkir madu dan 3 sdm tepung oatmeal. Caranya campurkan semua bahan dan gunakan untuk masker wajah selama 10 menit basuh dengan air hangat. Masker ini berguna untuk menghilangkan bekas noda di wajah, mengangkat semua kotoran, menyeimbangkan pH wajah, serta membuat kulit menjadi lembut berseri.

- Menghilangkan noda dan keriput

Larutkan madu sebanyak 100 gr dalam 25 ml alkohol dan 25 ml air bersih. Oleskan pada noda di wajah.

- Untuk kulit berjerawat ringan

Campurkan 1/2 cangkir air hangat dan 1/4 sdt garam. Dengan menggunakan cotton bud oleskan langsung ke bagian yang berjerawat. Beri tekanan beberapa menit untuk melembutkan bagian tersebut lalu basuh dan tepuk-tepuk perlahan hingga kering.

- Bibir pecah-pecah

Menjelang tidur oleskan madu pada bibir madu dapat lembutkan, melembapkan dan mencegah kulit bibir mengering atau pecah-pecah.

- Menghaluskan kulit wajah

Biasakan minum 1 sdm madu murni setiap hari. Langkah ini berkhasiat membantu proses regenerasi sel-sel kulit dari dalam tubuh. Jika anda tidak suka rasa manis madu campurkan 1 sdm madu dengan segelas air putih hangat saat mengkonsumsinya.

- Mencegah penuaan

Teh yang di campur madu dan bubuk kayu manis dan diminum setiap hari dapat mencegah penuaan. Ambil 4 sdm madu, 1 sdm bubuk kayu manis dan 3 cangir air6. Kemudian rebus seperti membuat teh minumlah sebanyak 4 kali sehari ramuan ini mambuat kulit segar dan halus serta mencegah penuaan.

- Pembersih muka

Masukkan 2 sdt penuh madu ke dalam 1 liter air hangat. Setelah diaduk rata basuhlah wajah dan leher anda diamkan selama 10 menit lalu bilas wajah dengan air hangat.
resep lain,
Campurkan 1 sdm madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make up lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.
Camour 1/4 cangkir madu, 1 sdm sabun cair dan 1/2 cangkir gliserin. Memakai spons wajah usapkan scrub pada wajah bilas dengan air hangat.

- Pelembap jeruk madu

Campur madu, jeruk nipis dan minyak sayur oleskan pada wajah sebagai masker untuk melembapkan kulit yang kering. Setelah 10 menit cuci bersih.

- Toner apel-madu

Blender apel matang bersama 1 sdm madu hingga halus sapukan segera ke seluruh wajah diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air.

- Toner kulit

Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembapkan kulit blender 1 buah kulit jeruk lemon/nipis bersama 1 sdm madu. Gosok perlahan campuran madu ke wajah dan biarkan selama 15 manit lalu basuh wajah anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

- Scrub madu

Campurkan 1 sdt madu dengan sedikit tepung almond pada telapak tangan. Gosok perlahan pada wajah sebagai scrub wajah lalu basuh wajah dengan air hangat untuk mengangkat madu.

- Scrub oat madu

Campur 1 sdm madu, 1 sdm almond, 2 sdm oatmeal dan 1 sdm air jeruk nipis atau yoghurt. Sapu wajah dengan scrub tersebut sambil dipijat lembut kemudian bilas dengan air hangat. Scrub ini membersihkan pori-pori wajah almond dan oatmeal mengelupas kulit wajah dengan lembut.

Termasuk juga:

manfaat madu untuk kecantikan , khasiat madu untuk wajah , khasiat madu untuk kecantikan , madu untuk kecantikan , manfaat madu bagi wajah , manfaat madu buat wajah , manfaat jeruk nipis bagi wajah , manfaat madu untuk muka , manfaat madu untuk kecantikan wajah , khasiat madu bagi wajah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar