Kamis, 09 Februari 2012

Tips! Cara Sederhana Menyelamatkan Data-Data Penting Kamu !

Tips Menyelamatkan Data-Data Penting dengan Dropbox

dropboxPernah kehilangan data penting seperti makalah atau skripsi karena flashdisk atau laptop hilang? Atau pernah dibuat susah karena external hardisk ketinggalan di rumah? Saatnya menggunakan Dropbox untuk menyiman data penting kamu!
Apa itu Dropbox? Ringkasnya, layanan ini adalah untuk menyimpan file di internet. Kenapa direkomendasikan? Karena dengan Dropbox, saat kita menyimpan file di sebuah folder (yang sudah ditentukan) di laptop, desktop, tablet atau smartphone, maka data-data tersebut akan otomatis (sync) disimpan di Dropbox.
Jadi tidak perlu proses upload dan download seperti saat kita mengirim e-mail, tidak perlu copy file seperti kita menggunakan flash disk, juga tidak perlu repot menggunakan ftp seperti untuk menyimpan file di web server.
Apa manfaat Dropbox? Lumayan banayak, antara lain: (1) sebagai back up jika terjadi kehilangan laptop atau external harddisk; (2) cadangan data jika penyimpan data seperti flash disk atau external harddisk ketinggalan; (3) tidak perlu repot membawa segala macam penyimpan data dengan risiko hilang di jalan jika kita sering bepergian.
Selain manfaat tadi, Dropbox juga bisa digunakan untuk berbagi file secara mudah (tanpa email). Dropbox bisa juga dipakai untuk melakukan kerja secara kolaborasi (bareng-bareng edit file yang sama).
Apakah Dropbox gratis? Ya, untuk pemakaian 2GB pertama. Tidak besar memang, tapi space sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk menyimpan file-file paling penting kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar